Loading...

Jumat, 01 Februari 2013

TANDA - TANDA MUTAQIN


1.   Mengimani hal-hal yang ghoib maksudnya mempercayai, meyakini perkara dan kejadian yang tidak terpanca indra, belum bisa di terka baik ghoib di dunia atau di akhirat, seperti adanya malaikat, syetan, jin, yang kesemuanya itu masuk kelompok makhluk ghoib, kejadian alam kubur, kejadian syurga, neraka, alam mahsyar, kiamat atau kejadian-kejadian yang pasti akan terjadi di masa yang akan datang.

2.   “Iqomatus sholat” atau mendirikan shalat, yang di maksud mendirikan shalat adalah melakukan shalat dengan sebaik-baiknya, yang sesuai dengan ajaran al-qur’an dan contoh-ontoh dari rosul SAW, sehingga kejadian shalat ditata dari tempat, wudhu (air yang dipakai), kesucian badan, pakaian serta ketika melakukan shalatnya yang ia kejar bukan banyaknya tapi kesempurnaan shalatnya, sehingga fiqih mengatur ada rukun qouli, rukun fi’li dan rukun qolbi.
a.   Rukun qouli yang berhubungan dengan bacaan
b.   Rukun fi’li yang berhubungan dengan gerakan, dan
c.   Rukun qolbi yang berhubungan dengan hati, sehingga shalatnya itu betul-betul melahirkan jati dirinya shalat, diantaranya tercegah dari maksiat, kemunkaran, pedzaliman dan sifat-sifat buruk yang ada.

3.   Gemar berinfak yakni menginfakan/ shodaqohkan baik yang wajib dan sunnah kepada orang-orang atau pihak-pihak yang berhak menerimanya, terutama untuk kepentingan agama. Infaq tersebut bisa berupa zakat, shodaqoh jariyah, wakaf, wasiat, hibah, sehingga harta yang kita miliki tidak hanya dirasakan oleh kita sendiri.

4.   Mengimani, meyaqini akan kitab yang diturunkan oleh allah kepada nabi Muhammad SAW, yakni al-qur’an dan juga mengimani, meyakini, akan kitab-kitab yang telah diturunkan kepada nabi-nabi sebelum nabi Muhammad SAW yang jumlah keseluruhan ada 104 kitab, dengan terbagi 2 istilah, yakni suhuf dan kitab. Suhuf artinya hanya berupa lembaran tulisan pada kayu atau kulit yang tidak terjilid, sedangkan kitab lebih dari itu, tulisan yang terdapat pada kertas atau kulit yang sudah terjilid sehingga lebih rapih dan lebih terjamin di bandingkan dengan suhuf.

Menurut catatan para ahli tauhid, bahwa jumlah kitab dan suhuf yang allah turunkan kepada nabi itu ada 104, dengan rincian :
        a. 60 suhuf diberikan kepada nabi Ibrohom AS
        b. 30 suhuf diberikan kepada nabi Syis putra nabi Adam
        c. 10 suhuf diberikan kepada nabi Musa As, sebelum taurot
        d. 4 kitab, yaitu taurot kepada nabi Musa As, zabur kepada nabi daud As,   
            Injil kepada nabi Isa As, dan Al-qur’an kepada nabi Muhammad SAW.

5. Meyakini seyakin-yakinnya akan kehidupan akhirat, serta kejadian-  kejadian yang akan terjadi pada hari akhir tersebut, yang diawali dengan terjadinya qiamat, alam mahsyar, adanya mizan (penimbangan amal), hisab (perhitungan amal), siroth (jembatan penyebrangan) dari alam mahsyar menuju syurga, Haodh (telaga kautsar) danau besar yang disiapkan untuk mandinya ahli syurga dan juga terakhir adanya syurga dan neraka. Bahwa orang-orang muttaqin dengan kesempurnaan 5 sifat tersebut, merekalah yang mendapatkan hidayah dari allah dan merekalah yang bahagia serta sukses baik di dunia terutama di akhirat kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar